Rabu, 12 Juni 2013

Bissmillahirrohmannirrokhim
"Bekerja Sebagai Pengembala Kambing"
       Pada masa awal remajanya, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tidak mempunyai pekerjaan tetap. memang ada beberapa keterangan menyebutkan bahwa beliau biasa menggembala kambing di kalangan bani Sa'd dan juga di Makkah dengan imbalan uang beberapa dinar. Baru pada usia 25 tahun, beliau pergi berdagang ke Syam, menjual barang dagangan milik Khodijah.
      Ibnu Ishaq mengatakan bahwa Khadijah binti Khuwailid adalah seorang wanita pedagang yang kaya dan terpandang. Dia biasa menyuruh orang-orang untuk menjualkan barang dagangannya, dengan membagi sebagian hasilnya kepada mereka. Sementara orang-orang Quraisy menjadikan berdagang itu sebagai hobi. Ketika Khadijah mendengar kabar tentang kejujuran perkataan beliau, kemampuan dan kemuliaan akhlak beliau maka dia pun mengirim utusan dan menawarkan kepada beliau agar berangkat ke Syam untuk menjualkan barang daganganya. Dia akan memberikan imbalan jauh lebih banyak dari imbalan yang pernah dia berikan kepada pedagang yang lain. Beliau harus pergi bersama seorang pembantu yang bernama Maisaroh. Beliau menerima tawaran ini. dan Beliau berangkat ke Syam untuk berdagang dengan disertai Maisaroh.

disarikan dari: Buku Karangan Syaikh Syafiyyurrahman al-Mubarakfury yang berjudul Sirah Nabawiyah (mutiara abadi sejarah hidup Nabi Muhammad SAW) pemenang 1 dalam penulisan sejarah Nabi Rabithah al-alam al-Islami.

Tidak ada komentar: